SLaX

Gara2 notebook russak, aku gak pernah maen2 linux lagi.
Padahal pengen banget maen ubuntu, ada game yg asik seh :P
Gatel banget pengen pegang linux,,,, :P
Terus nemu SLAX



nullAkhirnyaa, I fall in love with U SLAX
SLAX adalah sebuah bootable CD yang berisikan sistem operasi Linux. Ia menjalankan Linux langsung dari CD (atau USB) tanpa instalasi. Adapun basis dari Live CD ini adalah distro Slackware Linux dan dapat diperoleh di situs web dalam bentuk sebuah image ISO. Semua skrip dan kode sumber telah tersedia dan dapat digunakan untuk membuat Live CD anda sendiri.


Yang penting, BISA DARI USB :D :D :D



Cara Kerjanya:
Ketika komputer boot dari Live CD, langkah pertama adalah memuat image kernel (vmlinuz). Setelah itu, 4 MB ramdisk dibuat dalam RAM komputer. Image rootdisk (initrd.gz) kemudian dibongkar ke dalamnya dan di-mount sebagai sistem file root. Direktori-direktori besar (seperti /usr) akan di-mount langsung dari CDROM.


Apalagi aku terus nemu aplikasi yang keren abiz, dan user friendly serta windu$t base. Yaitu MySlax Creator. Sebuah aplikasi yang canggih, karena kita bisa membuat atau lebih tepatnya memodifikasi ISO seperti yang kita maui. Sehingga Live OS yang dihasilkan sesuai dengan kamauan kita. Karena dengan aplikasi ini kita bisa meremove maupun menambah modul-modul yang kita inginkan dengan mudah, SLAX menyediakan aplikasinya dalam bentuk modul.



Artikel Terkait :

0 comments: