Social Engineering

copyleft(c) by c1c4x laboratory
z31nt[at]yahoo[dot]com
Judul : SOCIAL ENGINEERING dalam TI
Dikarang Tgl : 15 Desember 2005

---
Walau sedikit, tapi akan kucoba untuk menuangkannya dalam tulisan.
Karena hanya sebatas ini yang kutahu.
---

Kali ini aku akan ngebahas tentang yang namanya SOCIAL ENGINEERING. Mau tidak mau social engineering sangat penting dalam dunia Teknologi Informasi maupun kehidupan bermasyarakat.Social engineering merupakan suatu cara/ilmu dan kemampuan agar orang lain melakukan sesuatu yang kita inginkan tanpa dia sadar bahwa kita menyuruhnya. Social engineering dilakukan dengan memanfaatkan segi psikologis manusia. Jadi dalam social engineering yang kita hadapi adalah manusia bukan mesin komputer. Pelaku dari social engineering di sebut SOCIAL ENGINEER.

Di dalam buku 'The Art Of Deception' yang di tulis oleh Hacker dunia 'Kevin D Mitnick' disana disebutkan bahwa social engineering merupakan salah satu senjata yang digunakan untuk melakukan penyerangan terhadap suatu sistem.

Di dalam wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Social_engineering_(computer_security)) di jelaskan bahwa :
"Social engineering is the practice of obtaining confidential information by manipulation of legitimate users. Asocial engineer will commonly use the telephone or Internet to trick people into revealing sensitive information or getting them to do something that is against typical policies."

Yang artinya kurang lebih seperti ini :
"Social Enginering adalah praktek perolehan informasi rahasia dengan menggunakan manipulasi/trik terhadapa user. Para Social Engineer biasanya menggunakan telepon atau internet untuk 'menipu' agar orang tersebut berbicara mengenai informasi yang sensitif atau 'memaksa' orang untuk melakukan sesuatu yang mereka inginkan"

++ Yups, and thats all ++


Artikel Terkait :

0 comments: